Sabtu, 18 November 2017

SchoTalk #9: Dare to Go to USA with 3G (Get, Grab, dan Go to USA) by FULBRIGHT SCHOLARSHIP

Halo, rek! Piye kabare?
Pada bulan November ini, admin bakal share tentang 
SchoTalk #9 Sahabat Beasiswa Chapter Surabaya yang mengulik tentang Fulbright Scholarship.

Siapa pematerinya?
Mengapa Fulbright?
Bagaimana kultur Amerika?
Kok bisa lolos Fulbright?


Baca selengkapnya pada postingan ini ya!



Pemateri SchoTalk #9 kali ini adalah Andri Taruna Rachmadi (Soil, Water, and Environmental Science, University of Arizona). Awardee Fulbright yang tentunya telah ditempuh lewat perjuangan.

Kak Andri pernah menuliskan pengalamannya mendaftar beasiswa di berbagai instutusi di portal indonesiamengglobal.com. Bisa kalian baca di sini.

Seperti yang pernah dituliskan Kak Andri bahwa pada saat Kak Andri S1 di Biologi IPB dulu, Kak Andri mendapat IPK yang cenderung menengah ke bawah dan TOEFL score yang pas-pasan. Namun dengan keajaiban yang bernama kerja keras itulah, semua perjuangan Kak Andri untuk mewujudkan impiannya mampu terbayarkan.

Tidak ada suatu alasan khusus yang mengharuskan Kak Andri melanjutkan studinya ke Amerika. Yang Kak Andri yakini adalah pada era ini pusat riset dan kiblat ilmu pengetahuan ada di Amerika. 40% kampus terbaik di dunia juga berada di Amerika. Begitu juga dengan keberagaman kultur di Amerika yang selalu menarik untuk dijajal.

Keulitan yang dihadapi oleh Kak Andri sewaktu melamar beasiswa ada pada menulis esai dan tes TOEFL.  Apalagi beberapa negara kini juga memalai GRE atau GMAT score sebagai syarat. Semuanya bisa ditaklukkan kalau keinginan belajar tidak padam, bukan?

Apa saja kelebihan menjadi penerima beasiswa Fulbright?

Selain gelar master kita berasal dari USA, kita bisa mempunyai koneksi-koneksi rekan bahkan profesor yang berkelas internasional dan hal itu sangat membantu dalam hal riset dan pubikasi ilmiah internasional. Ada juga Fulbright Enrichment Seminar, yang menemukan Kak Andri dengan rekan baru sesama penerima beasiswa Fulbright dari 40 negara yang berbeda. Kapan lagi kita bisa berkumpul dengan perwakilan dunia?

Notulensi dari SchoTalk #9 Sahabat Beasiswa Chapter Surabaya bisa di intip di sini.

© Sahabat Beasiswa Chapter Surabaya
Now Everyone Can Get Scholarship✊🏻

Update your information by following us on:
Instagram: @sbsurabaya
Twitter: @sbcsurabaya
Blog: sbsurabaya.blogspot.co.id
Email: sahabatbeasiswasby@gmail.com


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar